Keunggulan Memiliki Toko Online Untuk Usaha



Di jaman modern seperti saat ini bisnis online adalah hal yang paling populer didunia bisnis. Dengan perkembangan teknologi  digital yang semakin maju menjadikan para pebisnis harus mengikuti perkembangan yang sedang berjalan saat ini.

Bisnis online dapat dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar atau anda dapat berbisnis online dengan modal minim,tetapi jika bisnis anda ingin berkembang dan mendapatkan keuntungan lebih tinggi, anda perlu memikirkan cara untuk mencapai tujuan anda. Di jaman yang sekarang teknologi telah merambat luas ke kalangan masyarakat tidak hanya anak muda, bahkan anak-anak dan orang tua pun dapat menggunakan teknologi. terlebih dalam urusan berbelanja kebutuhan hidup sehari-hari ataupun hanya sekedar membeli barang yang di inginkan tanpa harus keluar rumah untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Selama ini anda menjual produk anda secara manual atau hanya lewat marketplace? anda belum tahu manfaat dan keuntungan Website toko online untuk bisnis? Jika anda sudah memiliki produk sendiri, memiliki website sendiri sangat memudahkan anda dalam memasarkan produk anda di bandingkan melalui marketplace yang biasa anda gunakan serta jangkauannya pun sangat luas.

fungsi website sebagai media untuk menampung proses transaksi jual beli online atau sering disebut dengan e-commerce. Dengan menggunakan website ecommerce, mampu untuk mendatangkan lebih banyak konsumen untuk membeli produk barang atau jasa melalui website yang telah disediakan.

Jadi pada dasarnya, e-commerce disini hanya sebatas perantara saja. Contoh dari website yang menerapkan fungsi ini adalah Tokopedia, Bukalapak, Amazon, Shopee, dan website yang lainnya.

E-Commerce website makin diminati bukan karena tanpa alasan, tapi ada banyak manfaat website toko online yang bisa diberikan dalam bisnis online ini untuk mereka yang memiliki usaha atau mereka yang berperan sebagai konsumen. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegunaan e-commerce website atau website toko online untuk pemilik bisnis online:

1.      Memperluas Jangkauan Usaha
Website toko online membantu pemilik usaha untuk memperluas jangkauan dengan menjual produk secara global. Dengan kata lain, bisnis kamu bisa menjangkau konsumen di ma
nca negara dan meningkatkan penjualan. Misalnya, perusahaan dari Indonesia bisa menjual dan mempromosikan produknya ke Amerika tanpa harus membuka toko di Amerika untuk menjual produk mereka yang ada di Indonesia.

 

2.      Mengurangi Biaya Pengeluaran
Membuka toko online dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan website toko online, kamu tidak perlu membayar biaya sewa, pegawai dan biaya utilitas lainnya. Cukup dengan satu orang admin dan membayar biaya maintenance untuk toko online.

  1. Mengurangi Harga Produk
    Dengan adanya website toko online, kamu bisa menekan harga produk dengan jauh lebih murah karena akumulasi dari banyak manfaat sebelumnya. Dengan begitu, secara tidak langsung konsumen akan jauh lebih tertarik untuk bisa membeli dan keuntungan bisnis online kamu pun meningkat.

 

  1. Lebih Aman dan Terpercaya
    Website toko online sepenuhnya adalah milik kamu. Menjual produk di sales channel lain seperti marketplace dan etalase tidak dijamin aman karena dapat ditutup sewaktu-waktu dan traffic dapat berkurang suatu saat nanti. Menjual produk di marketplace juga mengurangi exposure brand kamu, sehingga orang-orang jarang mengenal nama toko kamu. Lain halnya dengan website toko online sendiri, kamu dapat memakai domain sendiri dan memaksimalkan tampilannya agar cocok dengan karakter brand usaha kamu agar terlihat profesional dan terpercaya.

Dengan banyaknya manfaat website toko online, tentu saja ini merupakan keuntungan yang sangat positif yang bisa dirasakan oleh pemilik usaha. Apalagi jika mereka adalah pebisnis dengan modal sedikit dan belum mampu untuk membuka toko dengan secara konvensional. Website toko online memungkinkan kamu untuk melakukan semuanya dengan lebih maksimal, mulai dari proses promosi hingga pengelolaan toko online.

Setelah mengetahui keuntungan memiliki situs Website toko online. anda juga perlu tau manfaat yang akan anda dapatkan jika memiliki situs Website toko online sendiri. Berikut keuntungan memiliki situs Website toko online untuk bisnis.

1.      Menjaring Konsumen Lebih Banyak

Dapat menjangkau pasar lebih luas tidak hanya menjangkau satu daerah, melainkan anda dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Website toko online dapat membantu anda untuk mempromosikan produk anda tanpa batasan jarak. Sehingga anda dapat menjaring konsumen anda walaupun diluar Kota bahkan di luar negeri. Dengan tidak terbatas wilayah menjadikan anda dapat menjaring lebih banyak konsumen  di seluruh Indonesia.

2.      Memberikan Kemudahan Dan Kenyamanan Konsumen

Konsumen dapat menemukan produk anda dengan mudah di internet terutama di mesin pencari, anda dapat menampilkan produk dengan deskripsi yang informatif. Sehingga konsumen senang dan dengan cepat menyelesaikan pemesan produk Anda saat itu juga.Berbeda dengan marketplace tempat penjualan online yang biasa di gunakan, anda tidak dapat memberikan deskripsi yang informatif karena keterbatasannya di miliki oleh marketplace.

3.      Mudah Di Temukan Di Internet (Mesin Pencari)

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, penggunaan internet dari hari ke hari semakin meningkat. Informasi dapat dengan mudah di peroleh dengan memanfaatkan internet, tidak terkecuali untuk melakukan pembelian produk yang dibutuhkan.

Manfaat dari memiliki situs web toko online adalah produk anda dapat ditemukan di internet terutama mesin pencari seperti google. Orang-orang sebelum melakukan pembelian barang akan mencari informasinya di mesin pencari google, akan keaslian produk, keamanan, serta dapat melihat juga seberapa banyak produk anda di minati oleh masyarakat. Disini lah produk anda dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen Anda, Jika anda ingin situs website toko online selalu menempati halaman satu google, maka anda harus mengoptimalkan ke mesin pencari.