Manfaat Memiliki Website Toko Kecantikan

 


Untuk memulai bisnis di bidang kosmetik dengan brand sendiri, tidak hanya cukup dengan memproduksi yang diinginkan. Melainkan, kamu juga harus mengatur strategi agar brand kosmetik kamu dapat dikenal dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Salah satu caranya adalah dengan membuat website official untuk brand kosmetik kamu. jadi, mungkin bagi beberapa pebisnis, website terlihat ketinggalan jaman. Karena adanya Instagram, TikTok, dan YouTube yang memiliki pengguna paling besar.

Meski begitu, membuat website untuk bisnis kosmetikmu sebenarnya sangat patut untuk dicoba. Karena tidak sedikit keuntungan dan manfaat yang akan kamu dapatkan nantinya.

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat dan mengoptimasi website untuk brand kosmetik, kamu pasti ingin tahu apa saja manfaat website resmi untuk bisnismu bukan?

Meski tidak terlihat semasif pengguna Instagram ataupun TikTok, Website memiliki audiens setianya sendiri. Dilansir dari Niagahoster, dikatakan bahwa pengguna aktif website selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Misalnya, pada tahun 2017 lalu setidaknya terdapat sekitar 1,7 milyar Website yang aktif. Untuk itu, tak ada salahnya untukmu mencoba memperluas branding merk kosmetik yang kamu miliki dengan membuat website sendiri.

Nah, kamu pasti penasaran apa saja keuntungan atau manfaat website untuk brand kosmetik? berikut keuntungan dari memiliki website untuk brand kosmetikmu.

 

1.      Membuat Brand Kosmetik Berada di No. 1 Pencarian Google

Kalau jadi konsumen, kira-kira apakah yang mereka lakukan ketika akan membeli suatu produk kosmetik secara online? Atau bagaimana cara mereka mendapatkan informasi mendetail mengenai bahan, cara pakai yang benar, juga informasi tentang kosmetik yang akan dibeli? apalagi kalau bukan melakukan pencarian informasi atau artikel lain lewat Google, banyak dari kita yang akan melakukan pencarian informasi terkait produk yang ingin dibeli sebelum melakukan transaksi. Ini dikarenakan, kosmetik sama halnya dengan obat-obatan atau makanan, bisa memberikan dampak besar pada kesehatan kalau tidak dipilih dengan benar.

 

Di sinilah fungsi website untuk brand kosmetik dapat dilihat secara nyata. Ketika kamu mengelola dan mampu mengoptimasi website tersebut dengan baik, kemungkinan untuk brand kosmetikmu masuk ke halaman utama Google pastinya juga kian besar.

 

2.      Membantu Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Manfaat website untuk brand kosmetik lainnya adalah membantu meningkatkan kepercayaan konsumen. Seperti yang udah disinggung pada poin sebelumnya, bahwa banyak masyarakat pastinya suka mencari informasi produk di Google sebelum melakukan transaksi. Karenanya, jika brand ataupun kosmetik kamu berhasil ada di laman utama pencarian, tingkat kepercayaan konsumen terhadap brand milikmu pun akan kian meningkat.

Dilansir dari Niagahoster, setidaknya lebih dari 60 persen pemilik bisnis mengungkapkan bahwa adanya website resmi ini membuat brand atau usaha mereka lebih kredibel. Mereka juga mengungkapkan bahwa media satu ini bisa menjadi kunci kesuksesan mereka.

 

3.      Sebagai Toko Pusat dari Brand Kosmetik

Kamu mungkin sudah memiliki banyak toko maupun akun official di berbagai media maupun marketplace. Namun, dengan memiliki website official sendiri kamu bisa membangun brand kosmetik kamu dengan lebih mudah. Karena dengan adanya website official ini, kamu bisa berbagi tips penggunaan, informasi produk dengan lebih detail, juga mengenalkan brand kosmetik kamu dengan lebih baik pada konsumen.

 

Untuk mengoptimalkan website, kamu bisa memanfaatkan media sosial official kamu untuk mendorong calon konsumen agar mengunjungi toko online. Sama halnya dengan berbagai kanal marketplace yang kamu miliki.

Tak hanya itu, dengan adanya website ini kamu bisa menciptakan eksklusifitas dari brand kosmetik yang kamu miliki. Karena konsumen akan tahu di mana mereka bisa menyampaikan aduan, complain produk, dan berbagai masalah lainnya.

 

Berbeda dengan marketplace, dengan website kamu bisa memiliki otoritas yang lebih fleksibel. Karena semua pengelolaan media informasi ini ada di tangan kamu, jadi tidak perlu lagi khawatir dengan kebijakan yang merepotkan dari pihak lain.

 

4.      Dapat Memiliki Email dan Domain Sendiri

Manfaat website untuk brand kosmetik lainnya adalah memungkinkanmu memiliki domain dan email sendiri. Jadi alamat email yang kamu gunakan tidak lagi memakai domain gratis, sehingga terkesan lebih eksklusif. Ini pun akan membuat brand kosmetik milikmu jadi terlihat professional, otomatis kredibilitas brand dan perusahaanmu pun akan jauh meningkat di mata konsumen.

 

Selain itu, fitur satu ini pun membuat konsumen jadi lebih mudah mengetahui email resmi dari brand kosmetik kamu. Ini juga akan memberikan keamanan pada konsumen, sehingga mereka terhindar dari kejahatan penipuan dan kosmetik palsu.

 

5.      Sebagai Media Press Rilis Resmi

Ketika kamu akan merilis atau melakukan promosi produk kosmetik baru, tentu harus ada media yang dapat menjadi tempat promosi atau branding.

Nah, dengan kamu membuat website, kamu dapat menerbitkan press release yang berisi tentang kegiatan launching, promo tahunan atau khusus, ataupun artikel-artikel yang berkaitan dengan produk dari brand kamu.

 

Ini akan membuat brand kamu tampak aktif di mata pelanggan. Bahkan dari sini, juga bisa mengukur seberapa banyak pelanggan yang tertarik dengan brand kosmetik milikmu, dan seberapa besar mereka tahu tentang brand dan produk yang kamu buat.