Membuat Website Mudah Untuk Pemula menggunakan Blogger



A. Langkah - Langkah Membuat website menggunakan  blogger untuk pemula

Sebelum lanjut pada tutorial membuat website menggunakan  blogger, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu blogger, hal ini penting untuk di pelajari untuk lebih mudah memahami hakikat website dan pendalaman materi pada tingkat lanjut pengelolaan website.

a.       Apa Itu Blogger Menurut Wikipedia ?

Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com". Blog juga dapat disajikan dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.example.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. Seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog per akun.

Hingga 1 Mei 2010, Blogger juga memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan blog ke server hosting web mereka sendiri, melalui FTP. Semua blog semacam itu harus diubah untuk menggunakan subdomain blogspot.com, atau mengarahkan domain mereka sendiri ke server Google melalui DNS.

Sumber : wikipedia

b.    Kenapa menggunakan Blogger ?

                tentunya sebelum membuat website menggunakan Blogger maka kita harus mengetahui alasan kenapa kita mengunakan Blogger untuk membuat website kali ini, ada beberapa alasan mendasar untuk kita ketahui tentang blogger, Pertama blogger merupakan salahsatu CMS yang di miliki oleh Google, sehingga nantinya kita akan lebih mudah untuk mengunakan fasilitas yang di miliki oleh Google, selain itu bagi anda pemula yang inggin membuat halaman web, maka blogger merupakan rekomendasi paling utama, sebap blogger sangat mudah untuk di operasikan.

Membuat Web Menggunakan Blogger

Membuat akun bloger tidak sesulit pembuatan akun CSM lainya, cukum memilki email yang sudah aktif pada browser anda, kemudian ikuti langkah langkah berikut :

  1. Ketik Blogger Pada Pencarian Google Chrome ceperti pada contoh di bawah
  2. Pilih “Create Your Blogger”

Jika sebelummnya akun email belum di gunakan untuk membuat blogger, maka anda anka langsung di arahkan untuk membuat halaman blogger  baru.





3.   Pilih Akun email Google anda




Selanjutnya anda akan di bawah pada tahapan pembuatan halaman Blog Baru

4.  Pilih Buat “Blog Baru”





5. Ketik “Nama Halaman “Web

6. Pilih “Berikutnya”






7. Membuat Alamat Domain, agar orang dapat menemukan halaman website anda secara online , Buat Alamat website anda hampir  mirip dengan nama Halaman anda. Kemudian Pilih “Simpan/Berikutnya”






Pada tahapan ini, anda hampir menyelesaikan tahapan awal untuk pembuatan halaman website anda, namun ini masih tahapan paling dasar untuk membuat sebuat website profesional, sebagai tambahan alamat website atau domain di tahapan yang anda buat di bagian atas merupakan domain Gratis yang di sediakan oleh CMS Blogger, agar website anda terlihat profesional maka anda wajib menggunakan nama domain profesioanl, seperti website pada umumnya.

Setelah memberi nama alamat domain pada halaman web anda, maka anda akan melihat tampilan seperti pada tampilan di bawah ini,  tampilan di bawah ini merupakan tampilan atau Dashboard untuk melakukan Pengelolaan website anda agar terlihat Profesional, namun anda telah membuat sebuah halaman website yang sudah dapat di temukan orang pada pencarian Google atau Pencarian lainya, dengan alamat doamin yang anda buat di tahapan  7 di atas.

8. Pilih “Lihat Blog” Untuk melihat halaman web yang telah anda buat sebelumnya





Ini merupakan Tampilan halaman website yang telah anda buat dengan mengunakan domain gratis dari blogger (namadomain.blogger.com), setelah mengikuti tahapan-tahapan sebelumnya, tampilan ini merupakan tampilan awal untuk halaman website baru di blogger, agar terlihat menarik dan profesional oleh pengguna yang mengunjungi website anda, anda dapat merubah tampilan dengan tampilan yang telah di sediakan oleh blogger atau anda juga dapat merubah tampilan pada halaman HTML jika anda memiliki pemahaman Pemograman yang memadai.







Cukup sekian tutorial dasar membuat halaman website Pemula mengunakan blogger, semoga dapat bermanfaat untuk anda dan pahala untuk kami.

Hubungi Admin Jika ingin tutorial full dari materi di atas