Apa Itu VBA Excel ?

  


Apa Itu VBA ?

Bahasa yang dipakai pada macro Excel adalah bahasa pemogramman Visual Basic for Application (VBA). VBA adalah bahasa pemrograman berbasis objek untuk memudahkan proses pekerjaan sehari-hari pada Microsoft excel, dari langkah-langkah yang panjang kita dapat lakukan dengan satu langkah mudah. (Binus Centra)

VBA Excel Untuk Apa ?

VBA adalah bahasa pemrograman berbasis objek untuk memudahkan proses pekerjaan sehari-hari pada Microsoft excel, dari langkah-langkah yang panjang kita dapat lakukan dengan satu langkah mudah. VBA and Macro Processing with Ms. (Binus Centra)

Apa itu macro di Excel?

Macro adalah sederetan fungsi dan perintah program yang disimpan dalam menu Visual Basic. Microsoft Excel menyediakan fitur untuk merekam aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya melalui tools -> macro -> record new macro.

(ppm.mercubuana.ac.id/)

Bagaiaman Menggunakan Makro ?

Macro ini dapat dipakai oleh pengguna untuk membuat perintah menggunakan bahasa Visual Basic for Application (VBA). Fungsi makro ini dalam Excel dikenal sebagai User Defined Function (UDF).

Fungsi Makro adalah untuk menuliskan pekerjaan yang banyak, berulang, dan monoton dengan sekali klik. Jika Anda melakukannya secara manual, tentu akan memakan banyak waktu.

Jadi, Anda dapat merekamnya menggunakan Macro ini, Anda harus mengubah pengaturan pada tingkat keamanan makro di Ms.Excel dengan cara tools ->macro -> security

Atur security di level medium untuk menghindari file excel yang mengandung virus Macro. Tinggal aktifkan menu aktifkan atau nonaktifkan makro di file excel tersebut

Membuat Fungsi Sendiri di Ms. Excel dengan User Defined Function (UDF)

Anda dapat membuat fungsi yang belum ada pada fungsi standar bawaan di Excel, melalui Macro berupa User Defined Function (UDF).

Pertama Anda harus membuka Visual Basic Editor (VBE) dari Ribbon.

Klik Tab Developer pada Menu Ribbon untuk menampilkan Tab Developer di Ms. Excel.

Lalu terlihat jendela Visual Basic/VBA.

Klik Menu Module, yang akan menambahkan modul pada file excel Anda sebagai tempat penulisan coding rumus atau fungsi.

Modul jendela paling baru.

Masukkan kode pada modul tersebut, misalnya Anda akan menghitung kecepatan=jarak/waktu, formula dalam excel yaitu =20/10. Ini bisa berubah menjadi =kecepatan (jarak, waktu) atau =kecepatan (20,10). Jadi rumusnya Kecepatan Fungsi (jarak As Integer, waktu As Integer)

Save as file excel dengan tipe Excel Macro-enabled Workbook sehingga fungsi yang Anda buat ini dapat digunakan lagi seperti halnya fungsi excel lainnya.

Nah, itulah cara membuat fungsi pada Excel menggunakan Makro / VBA . Anda pun bisa mengubahnya sesuai dengan fungsi yang diinginkan untuk mempermudah perhitungan di masa mendatang. Jika Anda ingin belajar dan memahami lebih dalam tentang Macro VBA pada Microsoft Excel, Anda dapat mengikuti pelatihan Microsoft Excel yang diselenggarakan oleh Solusi melalui link di bawah ini. (solusi Training)